Phone/sms: 081275454787 | Fax: 07787487281
Home » , » Mengelola Hosting CPANEL-WHM-WHMCS

Mengelola Hosting CPANEL-WHM-WHMCS

cpanel hosting murah
Bagi yang sudah memahami seluk beluk hosting internet mengelola sebuah hosting bukanlah merupakan hal yang sulit. Untuk itu artikel ini dibuat ditujukan khususnya bagi pemula dan buat tentunya bagi yang ingin belajar cara mengelola sebuah web hosting.

Untuk "mendirikan" sebuah web hosting anda hanya perlu menyediakan uang yang besarnya bisa di sesuaikan dengan selera anda. selanjutnya anda tinggal membayar orang untuk melakukannya. Tapi untuk bisa "mengelola" sebuah web hosting tidak dibutuhkan uang banyak dan pastinya ini tidak bisa menyesuaikan dengan selera anda sendiri. seperti besar space, jenis billing system, besar bandwidth dll.

Agar bisa mengelola sebuah web hosting yang perlu dipersiapkan adalah:

  1. Sebuah domain, anda bisa mengordernya disini : iGRAHA Hosting
  2. Manajemen Hosting Software: diartikel ini di fokuskan menggunakan cPanel
  3. Space Hosting, anda bisa menyewanya dengan harga murah disini: Reseller Hosting Murah
  4. Billing system: diartikel ini dibahas menggunakan WHMCS

Ayo kita hitung biayanya, Untuk No.1 Rp. 120.000,-, No2. Gratis (Biasanya sepaket dengan space yang di sewa), No.3 Rp.700.000 selama setahun, dan No. 4 Rp. 140.000/bulan  atau 2jt pertahun.

Jika ditotalkan untuk mengelola sebuah web hosting biaya setahunnya adalah sekitar Rp. 2,8jt pertahun. Murah atau mahalnya biaya tersebut adalah relatif, yang pasti itu dapat dilakukan dengan pembayaran seperti cicilan bulanan.

Ringkasan No.1.
Domain dibutuhkan sebagai label usaha anda dan sebagai syarat mutlak untuk di registrasikan pada reseller hosting dan reseller domain

Ringkasan No.2
Saat ini cPanel merupakan aplikasi yang paling gampang digunakan sehingga paling banyak digunakan dalam majemen hosting. WHM dan cPanel merupakan dua buah aplikasi berbeda yang terintegrasi secara bersamaan. Untuk belajar cpanel anda tidak perlu menyewa reseller hosting, anda cukup menyewa hosting saja atau bisa mendapatkannya secara gratis di iGRAHA Hosting, sedangkan untuk WHM anda bisa mempraktekkannya langsung dengan menyewa space reseller hosting.

Ringkasan No.3
Mulailah dengan space kecil dan upgradelah jika pelanggan anda sudah banyak. Monitorlah pemakaian space dan bandwidth pelanggan anda, ini akan membuat anda menjadi provider hosting yang smart.

Ringkasan No.4
Sebenarnya billing system ini tidak mutlak dimiliki, namun jika anda mempunya lebih dari 10 pelanggan maka milikilah system billing hosting ini. WHMCS adalah billing yang tidak gratis namun anda bisa mendapatkan whmcs murah dengan cara smart dari kami.

Semoga membantu

0 comments:

Post a Comment